Selasa, 11 September 2012

Pempek Lenjer Rainbow

nih die project rainbow dadakan...sekalian ada orderan pempek, dan lagi ada booming rainbow2 an..knp gak dicoba buat pempek rainbow...wekkekkeekek...bisa juga nih resepnya..

Pempek Lenjer Rainbow by.Kiki Marsenda

Bahan Pempek lenjer :
- 20 gr terigu (aku pake segitiga biru)
- 115 ml air ( klo syusah ukurnya bisa pake 100 ml air + tambah dikit airnya )
- 1/2 sdm garam ( ini sih sesuai selera tp standarnya pake ukuran ini aja dulu)
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt penyedap ( bila suka, aku pake kaldu NON MSG)
- 2 sdm minyak goreng
- 250 gr daging ikan tenggiri yang sudah digilling (bagian putihnya saja,untuk bagian merahnya bisa dibuat pempek kulit)
- 250 gr tepung sagu ( bisa pake sagu tani/ tapioka merek tani/ sagu alini..disesuaikan apa yg ada saja).
- 50 ml air
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdm gula
 - Pewarna Pelangi/Rainbow set Golden brown,masing2 warna lebih kurang 1/2 sdt .
- 1500 ml air rebusan ( ditambahi garam dan minyak kurang lebih 1 sdm)

Cara buat Pempek :
- Adonan Biang  : aduk tepung terigu, air, garam,bawang putih yang dihaluskan ,gula dan penyedap sampai teraduk rata menjadi adonan yg licin. Panaskan dengan api sedang sambil diaduk terus dengan spatula sampai kental (seperti lem).matikan api, angkat dan tambahkan minyak goreng sambil diaduk rata dan didinginkan. ( kalo aku biasanya buat biang ini malam dimasukan dulu dalam kulkas bawah/ chiler baru besoknya dibuat/ dicampur ikan )
- Campur daging ikan dengan adonan biang, diaduk rata ( aku biasanya pake tangan agar ikan dan biang bener2 tercampur rata), tambahkan air,garam,gula,lalu masukan 200 gr tepung sagu (sisanya 50 gr buat ngebentuk pempeknya/ diuli) aduk dengan ringan (jangan diuli) asal tercampur rata pake spatula (jgn pake tangan).
-  bagi adonan pempek menjadi 6 dan masing2 diberi warna trus diuli samapi tidak lengket dengan sagu yang masih tersisa.
- ambil masing2 adonan pempek lebih kurang 20 gr jadi total 120gr disatukan, jika masih lengket ditambahkan sisa sagu tadi dan diuli berbentuk lenjer ( biasanya dapet ukuran pempek lenjer 15 cm)
- selain lenjer panjang bisa dibuat lenjer kecil-kecil sesuai selera.
- kalo dibuat pempek lenjer semua hasilnya yang didapat bisa 4-5 lenjer gede dan 16-20 lenjer kecil.
-panaskan air rebusan, setelah mendidih masukan garam dan minyak, rebus pempek sampai mengambang/ terapung lalu ditiriskan diatas kain/ lap bersih. didinginkan dan siap dihidangkan dengan digoreng terlebih dahulu / dalam bentuk rebus.

Bahan Cuko (kuah Pempek)
- 350 gr gula batok ( gula khusus pempek warnanya gelap)
- 650 ml air
- 2 sdm asam jawa
Haluskan:
- 7 siung bawang putih (jangan dikupas)
- 15 buah cabe rawit merah (selera saja mau pedas lagi bisa ditambahi)
- 3 sdm ebi seduh dengan air panas
- 1 sdm tongcai ( optional, bisa pake / gak..)
- 1 sdm garam
- 1 sdm gula pasir
Cara buat :
-iris -iris gula merah, lalu masak dengan air dan asam jawa sampai mendidih, lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan masaka terus sampai harum dan mendidih lagi.di test rasa dulu klo belum pas rasa bisa ditambah garam/ gula pasir/ asam jawa lagi, sampai sesuai selera. lalu angkat dan disaring.siap dihidangkan.

Pelengkap : mie telor direbus dan timun dipotong2 kecil.

selamat mencoba...



6 komentar:

  1. Ada resep bikin laksan nggak... mau dong.. soalnya di Baturaja gak ada yg jual..

    BalasHapus
  2. jeng fen.. kalau bikin laksan bagi bagi ya... :)

    BalasHapus
  3. hha.. :D unik yah... demam rainbow nih... wkkwwk
    oh ya fenty, emangnya gak prnh makan laksan ya?
    hmm... emg si di baturaja mana mngkin ada..bnyknya di kota... :D usaha yaa :D Have fun

    BalasHapus
  4. Unik ya, jadi pengen nyoba, tetep berinovasi ya

    BalasHapus
  5. bsa delivery keluar kota mba?

    BalasHapus
  6. bisa delivery keluarkota..pake jasa TIKI ONS..

    BalasHapus